\ Ingin Langsing Cobalah Diet Dengan Puasa Senin Kamis ~ Tips Tentang Internet Dan kesehatan

Pages

Rabu, 15 Oktober 2014

Ingin Langsing Cobalah Diet Dengan Puasa Senin Kamis

Diet dengan puasa, sehatkah? Baru-baru ini, Indonesia gencar membicarakan seorang selebritis ternama yang memperkenalkan sebuah pola diet dengan sistem puasa selang-seling atau lebih dikenal dengan sebutan Intermittent Fasting. Pada umumnya, kondisi ini bukan merupakan sebuah diet, melainkan hanya pengurangan konsumsi asupan makanan ke dalam tubuh. Dengan menggunakan metode ini, maka setiap orang hanya akan mengkonsumsi paling tidak 500-600 kalori setiap harinya. Sayangnya, program tersebut tidak akan baik bagi tubuh, terutama apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama.
Hal ini muncul akibat selain lemak yang akan dibakar oleh tubuh, kandungan air di dalam tubuh juga ikut terbakar apabila anda menurunkan berat badan dalam jangka waktu yang terlalu cepat. Jika dibiarkan saja, bukan tidak mungkin jaringan otot di dalam tubuh juga ikut terpengaruh. Perlu didampingi oleh dokter yang berpengalaman apabila anda ingin melakukan diet masif tersebut. Atau, cara mudahnya, intermittent fasting diganti dengan diet dengan puasa Senin dan Kamis, yang jauh lebih menyehatkan. Mengapa? Berikut ulasannya.

Saat Puasa, Metabolisme Tubuh Tetap Berjalan

Ketika Diet Dengan Puasa Senin dan Kamis, di mana tubuh tidak mendapatkan asupan minuman dan makanan selama kurang lebih 12 jam, sistem metabolisme tubuh tidak akan berhenti bekerja. Tubuh tetap melakukan tugasnya untuk memetabolisme zat-zat yang tidak berguna di dalam tubuh. Proses ini sering kita kenal dengan istilah detoksifikasi.
tips diet
Tidak hanya detoksifikasi berjalan dengan lancar, tubuh juga akan melakukan regenerasi yang kerap sehingga salah satu akibatnya adalah turunnya berat badan dalam jumlah yang cukup signifikan. Mitos bahwa saat puasa berat badan tubuh malah naik harus segera ditolak.
Dalam melakukan diet dengan puasa Senin dan Kamis ini, anda tidak di sarankan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebih setiap kali menjalankan puasa pada saat berbuka puasa. Makan saja seperlunya, dengan porsi yang wajar namun kebutuhan tubuh akan vitamin, lemak, protein dan jenis nutrisi lain tetap terpenuhi jangan lupa buah untuk diet.
Yang membedakan intermittent fasting dan puasa Senin Kamis adalah tubuh tidak akan terforsir secara berlebihan. Dalam intermittent fasting, setiap harinya dalam satu minggu, asupan protein dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh nyaris kurang. Puasa Senin Kamis berbeda. Asupan nutrisi hanya akan terbatas pada hari tertentu saja, sehingga yang dibakar oleh tubuh hanya berupa lemak jahat, bukan air dan protein seperti apabila anda melakukan intermittent fasting dalam jangka waktu yang lama.

Lakukan Aktifitas Lain Saat Puasa

Saat melakukan diet dengan puasa tersebut, akan lebih baik apabila diet  dengan puasa diimbangi dengan macam aktifitas lain. Yang paling mudah adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Olah raga yang harus dilakukan tidak perlu jenis olah raga yang berat. Olah raga seperti jogging dan berjalan kaki selama lebih kurang 45 menit dan dilakukan secara teratur akan membantu tubuh anda membakar lemak yang ada di dalam tubuh. Tentunya, olah raga juga harus diimbangi dengan asupan makan dan minum yang sepadan.
tips diet
Untuk informasi takaran gizi yang diperlukan oleh tubuh, karena tubuh yang satu dengan tubuh yang lain membutuhkan asupan nutrisi yang berbeda-beda, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan ahli gizi professional agar anda bisa mendapatkan masukan hal apa saja yang bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa.
Satu hal yang wajib untuk selalu diingat, puasa bukan berarti anda memotong asupan nutrisi secara keras. Tubuh masih membutuhkan asupan vitamin, protein, kalsium dan jenis nutrisi lain agar tubuh bisa bekerja dengan maksimal. Yang anda kurangi hanya porsi makanannya saja, misalnya berhenti mengkonsumsi nasi putih yang mengandung kadar glukosa yang tinggi, dan menggantinya dengan mengkonsumsi nasi merah yang mengandung karbohidrat kompleks saat sahur dan berbuka puasa.
Dengan demikian, tidak hanya berat badan tubuh bisa turun secara signifikan dan sehat, tubuh juga masih dapat melakukan kerjanya dengan maksimal. Mudah bukan? Lakukan diet dengan puasa Senin dan Kamis tersebut secara teratur setiap minggunya. Hanya dalam hitungan minggu saja, anda akan sudah bisa merasakan hasil dari upaya program diet tersebut. Selamat mencoba.

0 komentar: